Cara Memilih Bahan Hijab yang Nyaman

Detik Pedia - Sebagian orang terkadang mengeluh kepanasan ketika menggunakan hijab, apalagi di Indonesia dominan dengan musim panas.

Namun sekarang kita tidak perlu mengeluh kegerahan lagi ketika menggunakan hijab, yang dapat kita lakukan hanyalah kita harus pintar-pintar memilih bahan dan cara atau model menggunakan hijab tersebut.

Nah sekarang kita akan membahas mengenai hijab yang cocok dan nyaman kita gunakan sesuai dengan suasana dann aktifitas yang kita lakukan.

Point 1
Kita akan  membahas mengenai bahan hijab yang nyaman digunakan apabila kita di luar ruangan dengan aktifitas yang padat, yaitu:

a. Bahan Kaos
Hijab bahan kaos ini sangat nyaman digunakan ketika kita berada diluar ruangan dengan aktifitas yang banyak. Kelebihan hijab dari bahan kaos ini yaitu sangat adem (dingin) ketika digunakan dan bahan kaos ini sangat mudah menyerap keringat.


Selain itu hijab berbahan kaos ini tidak licin ketika digunakan walaupun kita tidak menggunakan ciput (dalaman kerudung), sehingga ketika kita menggunakan hijab dari bahan kaos ini model hijab yang telah kita kreasikan tetap rapih walau pun aktifitas padat.

Dari kelebihan-kelebihan yang telah di jelaskan, bahan kaos ini juga memiliki kekurangan. Kekurangan hijab berbahan kaos ini yaitu apabila terlalu sering di cuci akan cepat melar atau kendor.

b. Bahan Lycra Atau Spandek
Selain bahan kaos, bahan lycra atau spandek juga sangat nyaman digunakan ketika berada diluar ruangan karena bahan spandek ini ketika digunakan tidak akan terasa panas, selain itu bahan spandek ini sangat lentur sehingga ketika kita ingin mengkreasikan model kerudung yang akan kita gunakan akan lebih mudah.


Selain itu kelebihan dari hijab berbahan spandek ini cara perwatannya sangat mudah, cukup dicuci biasa menggunakan sabun kemudian dikeringkan dibawah sinar matahari.

Point 2
Tadi kita telah membahas mengenai bahan hijab yang nyaman digunakan ketika berada di luar ruangan dengan aktifitas yang padat. Sekarang ini kita akan membahas mengenai bahan hijab yang cocok digunakan ketika berada di dalam ruangan atau yang cocok digunakan ketika acara undangan atau pesta (semi formal).

Bahan hijab yang cocok digunakan ketika berada di dalam ruangan atau yang cocok digunakan ketika acara undangan atau pesta (semi formal), diantaranya yaitu sebagai berikut:

a. Bahan Chiffon
Bahan dari Chiffon ini terdapat dua macam, yaitu chiffon two tone dan chiffon crepe. Bahan hijab dari chiffon ini memang cocok digunakan ketika berada di dalam ruangan karena bahan dari chiffon ini memang dirasa panas dan juga tidak menyerap keringat.


Selain itu alasan bahan chiffon cocok digunakan di dalam ruangan dan acara semi formal dikarenakan biasanya bahan chiffon bermotif rame dan biasanya memiliki efek mengkilap, sehingga ketika digunakan ketika acara semi formal terlihat glamour.

Bahan chiffon ini berbahan lembut dan aga licin sehingga mudah dibentuk ketika akan menggunakan hijab yang dikreasikan modelnya.

b. Bahan Sutra
Bahan sutra ini juga sama seperti bahan chiffon, sangat cocok ketika digunakan di dalam ruangan dan dalam acara semi formal.


Hijab berbahan sutra ini berbahan lembut dan tipis sehingga ketika akan mengkreasikan model hijab dengan menggunakan bahan sutra ini akan lebih mudah dan jatuhnya bahan sutra terlihat lebih luwes.


Back to top