8 Jenis Obat Alami Untuk Mengatasi Jerawat

Berbagai macam obat modern yang mengandung bahan kimia dan ramuan obat tradisional biasanya banyak diperjualbelikan untuk mengobati jerawat yang ada di wajah. Karena tidak dipungkiri wajah adalah hal paling utama yang dilihat oleh orang. Maka muka seseorang harus terlihat bersih dan menawan.

Selain mengunakan obat-obat yang sudah jadi, ternyata banyak jenis-jenis bahan alami di alam yang dapat ampuh mengatasi jerawat, mulai dari buah-buahan, sayuran, umbi-umbian, daun-daunan dan bahan alami lainnya.

Nah, apa saja bah-bahan alami untuk mengobati jerawat tersebut, mari kita ulas satu per satu berikut ini.

1. Jeruk nipis
Caranya jeruk nipis dioleskan pada wajah pada malam hari sebelum anda tidur. Esoknya bangun tidur baru dibersihkan dengan air hangat.

2. Buah tomat
Buah tomat dioleskan pada wajah pada malam hari sebelum anda tidur. Esoknya bangun tidur baru dibersihkan dengan air hangat.

3. Lidah Buaya
Gel pada lidah buaya mengandung bahan antibakteri. Caranya Anda bisa langsung menempelkannya pada jerawat agar terhindar dari infeksi yang semakain parah. Dalam lidah buaya juga mengandung zat pelekat yang bisa mengencangkan pori-pori. Usapkan cairan lidah buaya pada kulit wajah dan diamkan selama 20 menit kemudian bilas.

4. Temulawak
Obat alami jerawat juga bisa menggunakan temulawak yang digunakan sebagai masker, mahkota dewa, kentang yang diiris tipis, tempelkan pada wajah dan pucuk daun jambu batu.

5. Daun sirih
Daun sirih merupakan daun yang memiliki banyak khasiat. Tidak hanya sebagai obat bau badan tradisional, daun ini bisa juga dijadikan sebagai obat jerawat alami. Untuk caranya, seduh 10 lembar daun sirih, saring dan gunakan air daun sirih tadi untuk cuci muka tiga kali sehari.

6. Belimbing waluh
Untuk caranya, haluskan belimbing wuluh dengan dicampur garam sedikit saja dan usapkan pada wajah dua atau tiga kali sehari. Belimbing bermanfaat sebagai astrigen untuk memperkecil pori-pori wajah dan juga sebagai anti radang.

7. Uap daun teh
Daun teh diseduh dengan air mendidih, dan dekatkan wajah hingga terkena uap daun the tersebut beberapa lama.

8. Buah mengkudu
Buah mengkudu dihaluskan dan dibuat untuk masker wajah yang berjerawat.

Nah, itulah beberapa jenis obat alami untuk mengatasi jerawat yang bisa anda lakukan dan ramu sendiri di rumah, tanpa perlu membeli dengan harga mahal. Bahan alami lebih aman untuk kulit dan wajah anda, tidak akan berbahaya seperti obat jerawat yang banyak mengandung bahan kimia yang membahayakan.


Back to top