Cara Mencegah Timbulnya Uban Terlalu Dini dan Cepat

Penuaan memang tak bisa dihentikan sama sekali, namun ciri penuaan yang timbul sebelum waktunya tentu saja sangat menyebalkan.

Contohnya saja Uban, uban yang muncul tidak pada waktunya tentu saja akan merusak penampilan anda. Cobalah beberapa cara ini untuk memperlambat adanya uban.

Bersantai
Salah satu penyebab munculnya uban adalah stres. Stres akan membuat hormon tubuh anda terganggu termasuk hormon yang berfungsi dalam pertumbuhan rambut. Seimbangkan kesibukan anda dengan kegiatan yang santai. Pergi saja ke spa atau kesalon atau mencoba mandi air hangat atau boleh berolahraga yang bisa membuat tubuh anda menjadi rileks.
Perbanyak minum
Jika tubuh anda dehidrasi, maka nutrisi sulit untuk mencapai folikel rambut. Yang akibatnya kesehatan rambut pun menjadi terganggu. Salah satu efeknya adalah terganggunya pigmen yang membentuk warna rambut sehingga memicu tumbuhnya uban lebih cepat.

Berhenti merokok
Tahukah anda kalau racun yang terkandung dalam rokok bisa merusak berbagai bagian tubuh termasuk rambut?. Salah satu efek merokok adalah penuaan dini. Uban dan keriput akan terlihat lebih awal jika anda tidak bisa menghentikan kebiasaan merokok.

Perbanyak mineral dan zat besi
Kurangnya zat besi dan mineral juga merupakan salah satu penyebab kerusakan rambut dan timbulnya uban. Mulai sekarang perhatikanlah asupan nutrisi yang masuk ke tubuh anda. Jangan lupa untuk memperbanyak sayuran dan buah yang kaya zat besi untuk rambut yang lebih sehat.

Makan yang mengandung banyak protein
Protein adalah zat yang akan menjaga kesehatan tubuh anda termasuk menjaga kesehatan rambut anda. Pastikan protein selalu ada dalam menu makanan harian anda. Ayam, Telur dan Ikan Salmon adalah beberapa makanan yang direkomendasikan karena kaya akan protein dan zat yang bisa membuat rambut lebih indah.

Istirahat dan tidur yang cukup
Saat anda tidur, tubuh anda melakukan berbagai proses untuk memperbaiki sel-sel kulit termasuk juga kulit kepala. Tubuh perlu waktu waktu yang cukup untuk melakukan proses peremajaan secara maksimal. Tidur cukup 7 jam sehari sangatlah mendukung proses perbaikan sel yang bisa membantu memperlambat timbulnya uban di kepala anda.


Back to top