Tips Tidur Nyenyak Saat Sedang Pilek

Pilek merupakan penyakit yang terkadang bikin tidak nyaman, selain mengganggu, terkadang bikin minder. Apalagi kalau sedang tidur, terkadang membuat tidur tidak nyenyak.

Berikut ini ada tips yang dikutip dari detik[dot]com agar tidur menjadi nyaman dan nyenyak meskipun sedang pilek.

Saat sedang mengalami batuk pilek seseorang kadang tidak bisa mendapatkan waktu istirahat dan tidur yang nyenyak. Tapi ada beberapa hal yang bisa dilakukan agar bisa istirahat dengan nyaman saat pilek.

Umumnya orang dewasa akan mengalami pilek sekitar 2-5 kali dalam setahun, sedangkan anak-anak bisa 5-10 kali dalam setahun.

Sebagian besar orang akan lebih rentantertular ketika musim dingin karena adanya penurunan suhu di sekitar serta kekebalan tubuh yang berkurang.
Berikut ini tips mudah yang bisa dilakukan agar dapat beristirahat dengan nyaman saat pilek, seperti dikutip dari WebMD, yaitu:

1. Menggunakan humidifier agar lebih mudah bernapas
Humidifier yang digunakan akan melepaskan kelembaban ke udara, dan uap yang muncul ini bisa melonggarkan hidung mampet dan melembabkannya. Selain membantu orang bernapas lebih mudah, udara lembab juga menenangkan jaringan di hidung dan tenggorokan serta menghilangkan rasa sakit radang tenggorokan. Tapi pastikan untuk membersihkan humudifier secara teratur.

2. Mandi air hangat sebelum tidur
Mandi dengan menggunakan air hangat bisa membuat napas terasa lebih nyaman. Selain itu bisa juga dengan membungkuk di atas bak berisi air panas atau meletakkan kompres hangat di daerah sinus.

3. Pilihlah obat secara bijak
Obat batuk pilek biasanya mengandung bahan lain untuk mengobati gejala seperti hidung mampet, pilek, batuk, demam dan nyeri. Tapi bijaklah dalam memilih obat, karena beberapa bahan tertentu bisa membuat orang tetap terjaga, tapi di sisi lain beberapa antihistamin bisa membuat orang mengantuk.

4. Menenangkan sakit tenggorokan
Berkumur dengan air garam hangat sebelum tidur bisa menenangkan nyeri tenggorokan. Tapi jika sakit tenggorokan yang dialami parah dan disertai demam tinggi, sebaiknya hubungi dokter karena dikhawatirkan akibat infeksi tenggorokan.

5. Menggosokkan balsam untuk atasi batuk
Menggosokkan balsam di dada dan tenggorokan bisa membantu meringankan batuk yang berhubungan dengan flu. Uap yang muncul dari balsam akan menenangkan batuk dan mengurangi kemampatan. Tapi sebaiknya jangan dimakan atau dimasukkan ke dalam hidung.

6. Meninggikan kepala saat tidur
Meningkatkan posisi kepala saat tidur bisa membantu seseorang lebih mudah bernapas. Tapi sebaiknya jangan menumpuk banyak bantal karena membuat lengkungan leher sakit dan membuat sulit bernapas, melainkan dengan membentuk lereng yang lembut atau secara bertahap berundak.

7. Tidurlah sesuai jadwal
Pilek bisa mengganggu jadwal tidur seseorang, tapi sebaiknya tetap bangun dan tidur pada waktu yang sama seperti biasa. Hal ini karena jika seseorang kurang tidur akan mempengaruhi sistem kekebalan tubuh yang membuatnya sulit melawan penyakit yang dideritanya.


Back to top